Download Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kelas 2 SD/MI

Pendidiknesia – Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dirumuskan sebagai berikut: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KI dan KD SD yang dibagikan ini merupakan salah satu komponen Kurikulum 2013 (K13) dan sebagai hasil revisi terakhir pada tahun 2018.

Penyempurnaan KI dan KD SD tersebut merupakan bagian dari penyembagan Kurikulum 2013 dengan berpedoman pada sasaran, tujuan, dan program pendidikan yang objektif.

Pada dasarnya KI dan KD merupakan komponen dari Kurikulum 2013 yang membutuhkan pengembangan sesuai tuntutan kebutuhan pendidikan. Pengembangan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tersebut dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip tertentu.

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki peserta didik.

Setiap tingkat kelas atau program harus mengupayakan pencapaian Kompetensi Inti sebagai landasan pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL. KI berbentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Kompetensi Inti (KI) terdiri dari KI-1 sampai dengan KI-4. Rumusan setiap KI berbeda dengan aspeknya.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) meliputi sebagai berikut.

1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.

2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.

3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.

4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, KI merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horisontal Kompetensi Dasar (KD).

Kompetensi Inti sikap spiritual (KI-1) dan Kompetensi Inti sikap sosial (KI-2) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran dan kebutuhan serta kondisi peserta didik.

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.

Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.

Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, dan ciri suatu mata pelajaran.

Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan muatan pembelajaran untuk mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti.

Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didik dan karakteristik mata pelajaran.

Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi empat kelompok sebagai berikut.

1. Kelompok 1 : kelompok KD sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1.

2. Kelompok 2 : kelompok KD sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2.

3. Kelompok 3 : kelompok KD sikap pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3.

4. Kelompok 4 : kelompok KD sikap keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

Kompetensi Dasar yang berkaitan dengan sikap spiritual (mendukung KI-1) dan sikap sosial (mendukung KI-2) ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung, yaitu pada saat peserta didik belajar tentan pengetahuan (mendukung KI-3) dan keterampilan (mendukung KI-4).

Download KI KD Kurikulum 2013 untuk Kelas 2 SD/MI di bawah ini:

1. KI KD QURAN HADIST KELAS 2 SD/MI 

2. KI KD AKIDAH AKHLAK KELAS 2 SD/MI 

3. KI KD FIKIH KELAS 2 SD/MI 

4. KI KD SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 2 SD/MI 

5. KI KD BAHASA ARAB KELAS 2 SD/MI 

6. KI KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI

7. KI KD Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti SD/MI

8. KI KD Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SD/MI

9. KI KD Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD/MI

10. KI KD Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti SD/MI

11. KI KD Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti SD/MI

12. KI KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI

13. KI KD Bahasa Indonesia SD/MI

14. KI KD Matematika SD/MI

15. KI KD Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI

16. KI KD Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI

17. KI KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI

18. KI KD Seni Budaya dan Prakarya SD/MI

19. KI KD Bahasa Jawa SD/MI (Jawa Tengah)

20. KI KD Bahasa Sunda SD/MI (Jawa Barat)


Demikianlah yang dapat pendidiknesia bagikan terkait dengan Contoh Download Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar semoga bisa bermanfaat untuk kita semuanya

About admin

Check Also

Download Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kelas 4 SD/MI

Pendidiknesia – Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) …