Download Perangkat Pembelajaran Full Kelas 1 – 6 Tahun pelajaran 2022-2023

Perangkat pembelajaran sendiri yaitu sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkatt pembelajaran sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan Pendidik dalam pembelajaran. Perangkatt adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pencapaian kegiatan yang diinginkan.

Dan pembelajaran adalah proses kerjasama antara Pendidik dan Siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada baik potensi yang bersumber dari dalam diri sisiwa itu sendiri seperti minat, bakat dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya belajar maupun potensi yang ada di luar diri siswa seperti lingkungan, sarana dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar tententu. (Sanjaya, 2010:26).

Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkatt pembelajaran menjadi pegangan bagi Pendidik dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan Perangkatt pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, Perangkatt penilaian, dan skenario pembelajaran.

Suhadi, (2007:24) mengemukakan bahwa “Perangkatt pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.”  Dari uraian tersebut dapatlah dikemukakan bahwa Perangkatt pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh Pendidik dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, serangkaian Perangkatt pembelajaran yang harus dipersiapkan seorang Pendidik dalam menghadapi pembelajaran di kelas, berikut dalam tulisan ini kami membatasi Perangkatt pembelajaran hanya pada: (a) Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku siswa (BS), Buku Pegangan Pendidik (BPG), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar.

Jadi Perangkatt pembelajaran adalah serangkaian media atau sarana yang digunakan dan dipersiapkan oleh Pendidik dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Sedangkan Pengembangan Perangkatt pembelajaran adalah serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu Perangkatt pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada.

Merencanakan sebelum melakukan adalah sesuatu hal yang bijak. Begitu juga Pendidik yang akan melaksanakan belajar mengajar, Pendidik bisa memulainya dari mempersiapkan dan merencanakan pembelajaran. Salah satu upaya agar pembelajaran bisa lebih efektif adalah dengan mengetahui apa itu Perangkatt pembelajaran.

Pengertian

Perangkatt pembelajaran adalah kumpulan alat (bantu) yang digunakan Pendidik agar kegiatan dan kinerja Pendidik lebih maksimal dalam aktivitas pembelajaran, Perangkatt ini terdiri dari media, fasilitas, bahan dan panduan dsb, (bisa di lihat di bawah).

Perangkatt pembelajaran mempunyai misi agar segala aktivitas Pendidik dalam pembelajaran bisa lebih efisien dan efektif serta sukses. Selain itu manfaat atau fungsi dari Perangkatt pembelajaran itu sendiri adalah sebagai pedoman Pendidik dalam aktivitas belajar mengajar.

Jadi Perangkatt pembelajaran adalah instrumen atau perlengkapan untuk melakukan kegiatan mendidik siswa. Perangkatt pembelajaran merupakan pedoman Pendidik untuk aktivitas pembelajaran, baik itu di dalam kelas, luar kelas dan laboratorium. Ini berdasarkan penuturan Zuhdan, (2012: 17).

Urutan Perangkatt Pembelajaran

Perangkatt Pembelajaran

Terdapat beberapa Perangkatt pembelajaran yang bisa disiapkan agar pembelajaran bisa terlaksana dengan maksimal. Berikut daftarnya:

Silabus

Silabus adalah rencana detail mengenai susunan atau urutan mengajar Pendidik yang dibuat dalam kategori tema atau mata pelajaran tertentu. Elemen dari silabus sendiri terdiri dari Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Raihan Kompetensi, Materi/Konten Pembelajaran, Kuota Waktu, Penilaian serta Sumber Belajar yang dipakai.

Silabus juga bisa disebut sebagai rangkuman dari kurikulum sebab silabus terdiri dari media, target pencapaian dsb.

Elemen rinci silabus terdiri dari:

Batasan dan misi materi pelajaran yang akan disajikan kepada peserta didik.

Tujuan dan Sasaran dari suatu materi pembelajaran.

Keterampilan yang harus diraih oleh siswa pada setiap mata pelajaran yang disajikan.

Rancangan poin konsep materi yang diberikan kepada siswa.

Kegiatan dan referensi belajar yang menjadi penyokong kesuksesan dalam aktivitas pembelajaran.

Cara evaluasi yang dipakai dalam pembelajaran.

RPP

Adalah merupakan singkatan dari rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP adalah tahapan yang kudu dilalui oleh Pendidik pada aktivitas pembelajaran kepada siswa. RPP terdiri atas metode, model, instrumen penilaian, pelaksanaan dan evaluasi.

Ini adalah elemen yang terkandung pada RPP:

  • Indikator/parameter pembelajaran
  • Kompetensi dasar (KD) dan Standar kompetensi (SK)
  • Skenario Pembelajaran
  • Model Pembelajaran
  • LKS Lembar Kerja Siswa
  • Pokok pembahasan
  • Pengukuran Hasil Belajar
  • Sumber dan sarana/media/fasilitas dan Pembelajaran

Pada LKS lembar kerja siswa adalah kegiatan siswa dalam melaksanakan aktivitas investigasi dan problem solving.

Kalender Akademik

Kalender pendidikan atau akademik adalah manajemen waktu untuk aktivitas belajar mengajar siswa dalam satu tahun ajaran. Di dalamnya terdiri dari manajemen waktu pembelajaran seperti UAS dan UTS, tahun ajaran, minggu belajar efektif dan hari libur.

Prota

Adalah singkatan dari program tahunan, yang berguna untuk mengetahui batasan dari sebuah materi yang telah ditetapkan sebelumnya di dalam tabel program tahunan. Prota terdiri dari informasi materi pelajaran dalam rentang satu tahun pembelajaran.

Dan dalam satu tahun terdiri atas dua semester dan prota dibuat berlandasan program semester tersebut.

Promes

Promes adalah singkatan dari program semester yang berguna untuk mendeskripsikan pemberian materi dalam rentang waktu satu semester berlandaskan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang sudah dibuat di Standar Isi.

Rincian Pekan Efektif

Rincian pekan efektif adalah perhitungan jam efektif pada setiap mata pelajaran dalam satu minggu. Detail bisa berupa jam efektif dan tidak efektif dalam satu minggu di satu semester.

RPE merupakan hasil analisa pada manajemen waktu yang efektif pada saat tahun ajaran dilaksanakan. Dalam membuat RPE Pendidik harus mengacu pada kalender pendidikan/akademik yang telah disusun. RPE bisa berfungsi untuk panduan Pendidik ketika menetapkan hari efektif dalam aktivitas pembelajaran.

Buku Absen

Buku absen merupakan buku yang memuat nama lengkap siswa pada suatu kelas. Kegunaan dari buku absen adalah untuk memantau kedatangan siswa di kelas.

Buku Jurnal

Buku jurnal merupakan buku yang memuat tentang catatan sikap siswa pada saat aktivitas pembelajaran dilakukan. Catatan tersebut mulai dari sikap tanggung jawab, kerja kelompok aturan dll.

Buku Penilaian

Buku penilaian ini berfungsi untuk mencatat segala informasi dari hasil evaluasi belajar siswa.

Bundel Portofolio

Kita sering menyebutnya clipping yang merupakan kumpulan tugas yang dikerjakan peserta didik. Bundel portofolio berguna untuk mengawasi setiap peningkatan yang dilakukan siswa dalam aktivitas pembelajaran. Ini berguna agar siswa bisa mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Dengan bundel ini Pendidik bisa mengetahui cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan siswa dan bisa memutuskan metode atau model apa yang harus dilaksanakan.

Bank Soal

Seperti namanya, bank soal merupakan buku yang terdiri dari himpunan soal yang nantinya diberikan ke siswa untuk mengembangkan daya pikir dan penyelesaian masalah pada aktivitas pembelajaran.

Media

Ketika pelaksanaan dan presentasi pembelajaran dimulai. Media adalah salah satu elemen yang penting dalam kesuksesan pembelajaran karena media pembelajaran berguna untuk menunjang materi atau konten pembelajaran. Keputusan dalam memilih media mana yang cocok untuk siswa adalah sebuah tantangan bagi Pendidik dalam mengasah daya analisa dan kreativitasnya.

Manfaat Perangkatt Pembelajaran Bagi Pendidik

Pada bagian ini akan diuraikan manfaat dan kegunaan Perangkatt pembelajaran bagi Pendidik

Perangkatt Pembelajaran sebagai Pedoman

Selain bisa menjadi panduan Pendidik ketika ktivitas pembelajaran terjadi stagnasi atau kebingungan, Perangkatt pembelajaran juga bisa meningkatkan kapabilitas Pendidik dalam mengajar.

Sebagai Perbandingan Tolak Ukur/Eevaluasi

Dengan Perangkatt pembelajaran, Pendidik bisa menilai hasil kerjanya selama mengajar. Selain itu Pendidik juga bisa melakukan evaluasi/refleksi agar pembelajaran bisa ditingkatkan dari segi kinerja dan cara mengajar agar siswa bisa lebih berkembang.

Peningkatan Profesionalisme

Selain menjadi pelengkap administrasi, Perangkatt pembelajaran juga bisa mengembangkan kedewasaan Pendidik dalam ranah profesional. Pendidik bisa memaksimalkan dirinya menjadi seorang Pendidik ideal dengan cara melakukan evaluasi kinerja dari waktu ke waktu. Sehingga kapabilitas Pendidik bisa naik level.

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka dibawah ini terdiri dari aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka baik penilaian intrakurikuler maupun peniaian proyek penguatan profil pelajar pancasila.

Dikarenakan Secara resmi Kemdikbudristek belum memunculkan aplikasi penilaian dan Raport, berikut ini aplikasi-aplikasi penilaian yang dibuat oleh sekolah / guru dari sekolah-sekolah yang telah lebih dulu melaksanakan Kurikulum Merdeka, diantaranya yang dibuat oleh I Made Rai Alit Sentanu dan Ayu Chandra Astari.

Dokumen dalam aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka ini terdiri dari  daftar nilai, analisis penilaian, dan aplikasi rapor SD untuk semua fase A, B, dan C, baik penilain intrakurikuler maupun penilaian proyek penguatan profil pelajar Pancasila .

Untuk penilaian Proyek bisa digunakan untuk semua jenjanng dan fase mulai dari PAUD-SD-SMP-SMA-SMK.

  • Daftar Kelas DownloadDownload  )
  • Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Download  )
  • Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka Download  )
  • Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Fase A Download  )
  • Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Fase B dan C Download  )
  • Aplikasi Raport dan Penilaian 
  • Raport  (2 Mulok) Download  )
  • Raport  (5 Mulok) Download  )
  • Untuk PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Download  )
  • Analisis PAT FULL Kelas ( Download )
  • Analisi penilaian harian kelas 1 – 6 ( Download )
  • Analisis PAT kelas 1 – 6  ( Download )
  • Analisis PTS kelas 1 – 6  ( Download )
  • Aplikasi Raport k13 kelas 1 – 6  ( Download )
  • Daftar nilai kelas 1 – 6  ( Download )
  • KI KD kelas Bahasa Inggris 1 – 6  ( Download )
  • Kisi-Kisi kelas 1 – 6  ( Download )
  • KKM kelas 1 – 6  ( Download )
  • Modul dan Media kelas 1 – 6 ( Download
  • Pemetaan KD kelas 1 – 6  ( Download )
  • Perangkat IKM  ( Download )
  • Portofolio Kelas kelas 1 – 6 ( Download
  • PPT Kelas 1 –  6 ( Download )
  • Prota Promes kelas 1 – 6  ( Download )
  • Rangkuman kelas 1 – 6  ( Download )
  • Rpp 1 Lembar kelas 1 – 6  ( Download )
  • Silabus kelas 1 – 6  ( Download )
  • Soal PH PTS PAT AKM kelas 1 – 6  ( Download
  • Perangkat Kelas 1 Full lengkap Terbaru ( Download )
  • Perangkat Kelas 2 Full lengkap Terbaru ( Download )
  • Perangkat Kelas 3 Full lengkap Terbaru ( Download )
  • Perangkat Kelas 4 Full lengkap Terbaru ( Download )
  • Perangkat Kelas 5 Full lengkap Terbaru ( Download )
  • Perangkat Kelas 6 Full lengkap Terbaru ( Download )
  • Perangkat lainya Full Terbaru kelas 1 – 6  ( Download )
  • Perangkat lainya Full Terbaru kelas 1 – 6 6  ( Download ) 

Dengan instrumen ini Pendidik bisa lebih mudah dalam aktivitas pembelajaran. Karena dengan administrasi dan tujuan yang jelas bisa menjadikan Pendidik bisa lebih fokus pada proses pembelajaran. Terutama pada implementasi Perangkatt pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018 sebagai kelancaran aktivitas.

About admin