6 Ilmuan Atau Tokoh Muslim Yang Berpengaruh Pada Perkembangan Zaman

Islam telah melahirkan banyak golongan sarjana dan ilmuwan yang cukup hebat dalam berbagai bidang, seperti falsafah, sains, politik, agama, pengobatan, dan masih banyak lainnya.

Salah satu ciri yang dapat diperhatikan dari para tokoh ilmuwan Islam adalah mereka tidak sekadar menguasai satu ilmu, tetapi beberapa bidang ilmu secara bersamaan.

Misalnya Ibnu Sina, yang sangat dikenal dalam bidang sains dan pengobatan.

Namun selain itu, Ibnu Sina juga memiliki kemahiran tinggi dalam bidang agama, falsafah, dan sebagainya. Berikut ini daftar tokoh ilmuwan muslim dengan bidang keahliannya yang terkenal:

        1.  Al-Zahrawi

Selain Ibnu Sina ada juga ilmuwan lain yang turut membanggakan dunia Islam karena berbagai penemuannya. Al Zahrawi atau kerap disebut sebagai dokter menguasai wilayah Eropa. Karya-karyanya menyangkut semua hal tentang praktik kedokteran, berikut adalah penjelasannya : 

·        Al Tasrif

Dikenal sebagai dokter yang menguasai daratan Eropa, Al Zahrawi punya satu karya yang sampai saat ini masih banyak dipakai sampai saat ini. Banyak topik dibahas didalamnya. Mulai dari anak, melahirkan bahkan juga tentang gigi. Pada abad ke-12 buku ini dijadikan panduan belajar.

Al Zahrawi juga mengulas secara terperinci mengenai ilmu bedah, menjelaskan berbagai alat serta cara menjahit bekas luka. Tak heran jika pada masa keemasannya Eropa sangat unggul dalam hal pembedahan. Dalam bukunya tersebut dijelaskan setidaknya 30 Jilid pembahasan berbeda.

            ·        Teori Menjahit

Awal kemunculan teori dari Al Zahrawi juga masih sangat diragukan, apalagi karena peralatan medis pada saat itu sangat terbatas. Namun akhirnya dengan seluruh pemikiran dan juga pengertiannya akhirnya membuahkan hasil. Ia menemukan cara menjahit bekas luka.

Ia menemukan teori mengikat organ tubuh saat dilakukan pembedahan agar tidak terjadi pendarahan. Al Zahrawi membuat benang yang terbuat dari bekas luka bedah yang terbuat dari jaringan hewan. Benang tersebut dinamakan Catgut berasal dari usus kambing dan sapi.

        2.  Al Jazari (Robotika)

Al Jazari lahir di Ardhul Jazirah, sebuah wilayah yang terletak di antara Sungai Efrat dan Tigris di Irak, pada tahun 1136 M. Ia dikenal sebagai orang yang ahli di bidang mekanik hingga banyak menciptakan robot humanoid.

 

Salah satu warisan dari pemikiran Al Jazari adalah mesin cuci tangan otomatis dengan menggabungkan mekanisme flush dan saat ini digunakan pada toilet flush modern. Ia juga menuliskan prinsip-prinsip teknik robotikanya dalam buku “Al-Jami’ Bain al-‘Ilm wa al-‘Aml al-Nafi’ fi Shinat’at al-Hiyal” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices).

        3.  Al Khawarizmi ( Matematika )

Selanjutnya pasti sudah tidak asing bagi Anda. Al Khawarizmi adalah salah satu ilmuwan besar Islam yang membawa banyak perubahan di dunia Islam. Karyanya banyak menginspirasi para ilmuwan dunia di bidang sains, khususnya fisika. Bahkan sejumlah ilmuwan Yunani belajar darinya.

                ·        Al Jabar

Salah satu penemuan Al Khawarizmi paling terkenal dan banyak digunakan bahkan sampai dengan sekarang adalah Aljabar. Ilmu satu ini amat membantu dalam menyelesaikan berbagai aturan bilangan. Cabang matematika satu ini mempelajari tentang struktur, hubungan yang disederhanakan

Saking hebatnya dipercaya jika Al Khawarizmi lahir di abad ini maka lemarinya akan dipenuhi oleh berbagai nobel penghargaan karena telah berhasil membuat dunia semakin maju jauh kedepan. Selain aljabar masih ada lagi banyak penemuannya terutama di bidang Matematika.

                ·   Trigonometri dan Juga Astronomi

Cabang ilmu selanjutnya yang jadi penemuan dari Al Khawarizmi adalah trigonometri dan astronomi. penemuannya ini berhasil membuat para ilmuwan besar lain tercengang. Karena dengan ini beliau bisa memecahkan berbagai masalah yang tidak bisa dipecahkan selama berabad abad.

Hingga akhirnya saat ini geometri berhasil menjadi cabang kedua dari ilmu matematika. Pemahamanya sama sederhananya dengan aljabar. Bisa membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai soal dalam matematika, sampai saat ini ilmu dari Al Khawarizmi masih dipakai.

                ·        Penemu Algoritma

penemuan selanjutnya dari Al Khawarizmi adalah algoritma. Cabang ilmu satu ini sudah banyak dikenal dan digunakan bahkan sampai sekarang. Disebutkan bahwa dengan penemuannya banyak bidang teknologi sudah terbantu. Karena inilah awal mula langkah-langkah perhitungan.

Jika disebutkan lebih jauh algoritma adalah prosedur atau dasar dari proses perhitungan baik dalam ilmu matematika maupun penerapannya di teknologi. Sekarang ini kita semua merasakan dunia modern juga dari adanya unsur penggunaan algoritma, geometri, serta aljabar.

                ·        Angka Nol (0)

Salah satu penemuan lain dari Al Khawarizmi adalah angka nol. Banyak orang tidak tahu bahwa beliaulah yang memperkenalkan angka nol dalam dunia perhitungan. Sebagaimana sekarang ini dipakai untuk menjadi awalan dari memulai perhitungan .

Bahkan ilmuwan lain pun berlomba-lomba menjadikannya sebuah penelitian lanjutan. Bagaimana kiranya ia bisa menemukan angka nol tersebut dan dijadikan awalan dari perhitungan angka. Namun pada saat itu rupanya nol juga sudah diteliti oleh matematikawan dari India.

        4.  Abbas Ibn Firnas ( Pencipta Ide Pesawat )

Selama ini kita sudah mengenal bahwa Wright bersaudara merupakan seorang penemu pesawat sekaligus orang yang pertama kali berhasil terbang. Tapi sebenarnya, tahun 9 Masehi Abbas Ibn Firnas telah berhasil membuat alat yang mempunyai sayap seperti burung. Alat ini dibuat dengan perhitungan dan penelitian yang rumit. Beliau berhasil terbang cukup jauh tapi terjatuh dan mematahkan tulang belakangnya.

                ·        Pencipta Ide Pesawat

Walaupun pengembangan bidang aerodinamika adalah China, namun jika ditanya siapa yang memulai atau mencetuskan ide mengenai hal tersebut, jawabannya adalah Abbas ibn Firnas. Setelah menonton aksi akrobatik beliau merasa ada sesuatu yang menarik.

Tentu saja awalnya beliau tidak menggunakan peralatan dan bentuk menyerupai pesawat jaman sekarang, melainkan hanya sepasang sayap terbuat dari sutra dan kayu sebagai rangkanya. Walaupun dinyatakan gagal namun pesawat rakitan ini sempat bertahan di atas selama 10 menit.

                ·        Ilmuwan Serba Bisa

Abbas Ibn Firnas juga dikenal sebagai ilmuwan serba bisa. Sebab ia memang menguasai berbagai bidang mulai dari kedokteran, keilmuan, bahkan juga kesenian. Beliau amat sangat pintar dalam berpuisi, melantunkan syair dan semacamnya.

Tak heran jika pada zamannya Abbas Ibn Firnas sangat populer dan jadi ilmuwan bagi para cendekiawan lainnya. Sampai saat ini sebenarnya banyak orang tidak tahu jika pencetus ide pertama dari pesawat adalah Abbas Ibn Firnas.

        5.  Al –Battani ( Astronomi dan Trigonometri )

Al Battani adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab. Beliau lahir di Harran dekat Urfa. Sama halnya dengan Al- Khawarizmi, beliau telah membuat dunia mengakui keberadaan Islam saat itu. Ini dia penemuan paling menakjubkan dari ilmuwan bernama Al- Battani.

                ·        Penemuan Penentuan Tahun

Salah satu penemuan paling besar dari Al – Battani adalah penentuan tahun dari matahari. Dahulu orang tidak tahu jika matahari memiliki masa edar yakni 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik. Dengan teori inilah akhirnya bisa dibentuk sebuah kalender yang sekarang kerap ditemui.

Tak banyak yang tahu soal asal usul siapa yang pertama kali mencetuskan teori mengenai periode matahari. Sekarang Anda patut berbangga karena ternyata yang menjadi dasar penciptaan kalender adalah orang muslim bernama Al – Battani .

                ·        Memecahkan Berbagai Persoalan Matematika

Bisa dibilang Al – Battani adalah salah satu tokoh yang berhasil memecahkan rumus tentang persamaan trigonometri. Beliau bahkan berhasil memecahkan persamaan sin x dan menemukan rumusannya, Hingga akhirnya Al – Battani memutuskan untuk bekerja di Suriah dan Damaskus yang akhirnya menjadi tempat wafatnya. Sayangnya sampai saat ini banyak orang masih asing ketika mendengar namanya, padahal jasanya sungguh luar biasa untuk ilmu matematika.

        6.  Imam Al Ghazali

Imam Al Ghazali adalah tokoh ilmuwan muslim terkemuka dalam kancah filsafat dan tasawuf.

Semasa hidupnya, sosok yang sering dipanggil sebagai Algazel ini sangat aktif menulis. Karya-karyanya dalam masalah ushuluddin, aqidah, fikih, filsafat, manthiq, dan tasawuf sangat banyak.

Beberapa di antaranya adalah Arba’in Fi Ushuliddin, Al Iqtishad Fil I’tiqad, Ma’ariful Aqliyah, dan lain-lain.  

Selanjutnya seperti yang sudah diketahui penemu aljabar, logaritma, geometri adalah ilmuwan Islam. Dari semua bentuk temuannya inilah akhirnya bisa diciptakan berbagai teknologi canggih di masa sekarang.

Bahkan di masa depan pun sudah dipersiapkan berbagai bentuk teknologi yang terbuat dari ide pemikiran ini mulai diperhitungkan. Tinggal tunggu waktu rilisnya saja, semua sudah di depan mata. Dunia akan semakin modern.

Itulah beberapa hasil rangkuman penemuan-penemuan penting dari para ilmuwan Islam serta pengaruhnya di dunia sekarang ini. Masih banyak lagi dampak yang diberikan para ilmuwan ini yang pengaruhnya bisa dirasakan sampai sekarang.

About admin

Check Also

8 Waktu yang baik atau Mustajab untuk berdo

Berdoa merupakan ibadah yang paling mudah dilakukan. Sebab, berdoa dapat dilakukan kapan saja, di mana …