Ingin SUKSES? Mulailah dari Bangun Pagi! Berikut 5 Manfaat dari Bangun Pagi!

SUKSES! dapat diraih dari membiasakan hal-hal yang baik sejak dini. Menjadikan hal-hal baik sejak dini agar terbiasa, tentunya akan membawa kita menjadi orang yang sukses.


Jadi lakukanlah kebiasan-kebiasaan baik, mulai dari hal yang terkecil terlebih dahulu, seperti misalnya bangun pagi.

Terbiasa bangun pagi akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Orang tua kita dulu sering mengucapkan “Bangun tidur harus pagi, jika tidak rezekinya dipatok ayam”.

Apa yang dikatakan orang tua kita dulu itu bukan tanpa alasan, ternyata ada banyak sekali manfaat yang didapat dari membiasakan diri bangun pagi.

5 Manfaat Membiasakan Diri Bangun Pagi

Berikut beberapa alasan mengapa kita harus membiasakan diri untuk bangun pagi, yang akan mengantarkan kita menjadi orang sukses.

1. Memberikan Suasana Hati yang Positif

Saat bangun pagi, kamu akan mendapatkan keadaan dimana udara masih terasa sangat segar, kicauan burung, sinar matahari yang indah dan lainnya.

Hal ini akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap mood atau suasana hati. Memberikan perasaan yang tenang, mood yang positif sehingga saat kamu menjalani hari akan terasa lebih baik dan produktif.

Sehingga apapun yang akan kamu lakukan hari ini untuk menjalankan segala aktivitasmu, mulai dari membersihkan rumah, bekerja, dan lain sebagainya akan berakhir dengan baik.

2. Memberikan Waktu Luang Lebih Banyak dan Lebih Produktif

Setiap orang didunia ini hanya memiliki waktu sehari itu 24 jam, tidak ada yang lebih.

Bahkan Mark Zuckerberg ataupun Bill Gates sendiri memiliki waktu yang sama dengan kita dalam sehari itu, yakni 24 jam.

Karena itu, jika mereka bisa sukses, mengapa kita tidak? Mereka bisa sukses karena mereka bisa mengatur waktu mereka agar lebih produktif dan efektif.

Nah salah satu cara untuk mengatur waktu adalah dengan bangun pagi.

Saat bangun pagi, kesempatan untuk lebih produktif tentu akan lebih banyak serta lebih efektif, sebab waktu yang kita miliki saat bangun pagi, lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak terbiasa bangun pagi.

Dengan bangun pagi, waktu untuk memulai segala aktifitas kita hari ini akan lebih banyak, sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Selain itu tentunya kamu akan memiliki lebih banyak waktu luang yang dapat digunakan untuk hal-hal yang kamu sukai, seperti misalnya mencuci mobil, memasak, dan lain sebagainya.

Ingatlah bahwa dalam menjalani kehidupan ini harus seimbang antara pekerjaan dan kesenangan.

Karena bangun pagi memberikan waktu luang yang lebih banyak, selain untuk hal-hal yang telah disebutkan diatas, waktu luang yang kita miliki juga bisa kita gunakan untuk membaca.

Banyak membaca, akan membuat kita memiliki banyak ilmu dan informasi yang bermanfaat.

Banyak orang yang sukses karena sering membaca. Membaca memiliki dampak yang besar bagi pola pikir dan untuk menambah pengetahuan seseorang.

Selain itu membaca juga akan menambah perbendaharaan kata, sehingga saat berbicara atau membuat presentasi untuk pekerjaan, atau mungkin untuk menulis, akan lebih baik karena sering membaca.

3. Menjadi Lebih Sehat dan Bugar

Tidak ada yang bisa menyangkalnya bahwa salah satu manfaat dari bangun pagi adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan segar.

Sebab, dengan terbiasa bangun pagi, kita juga terbiasa untuk menghirup udara segar. 

Bangun pagi yang juga memberikan kita waktu luang yang lebih banyak, membuat kita memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk berolahraga dipagi hari.

Selain itu, karena terbiasa bangun pagi, dimana segala aktifitas dilakukan sejak pagi, tentunya disore hari kita sudah cukup lelah, sehingga tidak kuat dan mampu lagi untuk bergadang atau tidur lebih larut malam.

Sehingga, waktu istirahatpun lebih cukup, dan lebih baik dimana akan memberikan keteraturan dalam menjalani kehidupan.

Kebiasaan memulai aktifitas dipagi hari karena bangun pagi, istirahat atau tidur dimalam hari, akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan teratur, sehingga tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

4. Menjadi Orang yang Lebih Percaya Diri

Rasa percaya diri tumbuh karena kebiasaan-kebiasaan baik yang kita lakukan. Mulai dari yang terkecil hingga yang tersulit.

Rasa percaya diri akan semakin tumbuh, jika setiap harinya kita dapat menyelesaikan tugas-tugas pribadi. Seperti contohnya, membereskan kamar, membersihkan rumah, mencuci mobil dan sebagainya.

Bangun pagi, memberikan kita lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas pribadi kita, yang mana tentunya akan menambah rasa percaya diri.

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dapat membuat kita lebih leluasa dalam beraktivitas dan tentunya tidak minder.

Rasa percaya diri akan membuka peluang untuk kita untuk menjadi orang yang sukses.

5. Terhindar dari Kemacetan

Salah satu manfaat ekternal yang kita dapat dari bangun pagi adalah terhindarnya kita dari kemacetan.

Oleh karena orang-orang semakin banyak beraktifitas saat hari semakin siang, maka semakin padat pula jalanan.

Apalagi dikota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang dan Pangkalpinang, dan sebagainya.

Dengan bangun pagi, kita akan terhindar dari kemacetan, sehingga mood dan suasana hati positif yang kita dapatkan dari bangun pagi akan tetap terjaga.

Sebab, terjebak macet akan membuat suasana hati menjadi buruk, mood turun, dan mudah emosi.

Dari bangun pagi tidak banyak waktu yang terbuang oleh karena macet di jalanan. Sehingga waktu lebihnya dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, atau memulai pekerjaan.

Selain itu, bisa membuat kita menjadi lebih disiplin dalam hal waktu. Salah satu ciri-ciri orang sukses adalah karena disiplin dan tepat waktunya.

About admin

Check Also

Kata-kata Tokoh Terkenal yang Dapat Memotivasi Anda untuk Sukses

Dalam hidup kita selalu dihadapkan pada banyak pilihan. Ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang akan kita hadapi. …