Iklan

Iklan

Rangkuman Materi IPS Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Bumiku

9/22/21, 09:30 WIB Last Updated 2021-09-22T02:30:00Z
Pendidiknesia.com Selamat pagi pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sedikit materi untuk kelas 6 tema 6 subtema 3 menuju masyarakat sejahtera. Alhamdulilah puji syukur pada pada Alloh Swt karena pada  kesempatan kali ini admin akan sedikit membagikan beberapa rangkuman materi kelas 6 tema 6 subtema 3 tentang menuju masyarakat sejahtera. Di mana rangkuman tersebut admin ambil dari sumber buku siswa kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. admin harapakan untuk soal ini bisa di gunakan siapa saja bagi yang memerlukan bahan ajar dan bahan refrensi untuk kelas 6 tema 6 subtema 3 menuju masyarakat sejahtera.

Laos
Keadaan Alam 
Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak  berbatasan dengan laut.Wilayah Laos bergununggunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpentingterletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat.Laos juga memiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah.
Hasil Utama 
Hasil tanaman pangan utama Laos adalah pada dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesin-mesin, dan beras.
Filipina 
Keadaan Alam 
Filipina merupakanbnegara kepulauan.Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekira 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni. 
Hasil Utama 
Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula. 

Reklame
Reklame adalah media periklanan dan pemberitaan. Reklame bertujuan menyebabkan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau pesan lain. Reklame dibuat dengan maksud menarikperhatian masyarakat. 
Reklame yang baik bukan sekadar menarik perhatian khalayak ramai. Isi reklame harus dapat menggerakkan keinginan orang untuk membeli produk yang direklamekan. Beberapa contoh reklame adalah :
1. Iklan 
Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum
2. Spanduk
Spanduk adalah kain rentang yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui umum.
3. Brosur
Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang 
lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan  dipahami konsumen/target.
4. Embalase
Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi 
sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.
5.  Poster
Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin 
dan ditempatkan dengan cara ditempel di tempat-tempat umum yang strategis. 
6. Baliho
Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dan informatifdengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen.

Terima kasih atas kunjungannya, admin tunggu kunjungan berikutnya.Jika materi yang ditampilkan oleh Admin sangat bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada guru dan teman yang lain, agar postingan kali ini lebih bermanfaat. di masa depan. Semua guru di Indonesia bisa menikmati.         

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rangkuman Materi IPS Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Bumiku

Terkini

Iklan