Iklan

Iklan

Rangkuman Materi IPA Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Bumiku

9/21/21, 09:00 WIB Last Updated 2021-09-21T02:00:00Z
Pendidiknesia.com Selamat pagi pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sedikit materi untuk kelas 6 tema 6 subtema 3 menuju masyarakat sejahtera. Alhamdulilah puji syukur pada pada Alloh Swt karena pada  kesempatan kali ini admin akan sedikit membagikan beberapa rangkuman materi kelas 6 tema 6 subtema 3 tentang menuju masyarakat sejahtera. Di mana rangkuman tersebut admin ambil dari sumber buku siswa kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. admin harapakan untuk soal ini bisa di gunakan siapa saja bagi yang memerlukan bahan ajar dan bahan refrensi untuk kelas 6 tema 6 subtema 3 menuju masyarakat sejahtera.

Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari, bayangan Bulan akan menutupi Bumi. Oleh karena Bulan lebih kecil daripada Bumi, hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. 
Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan. Adapun gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.
Kalender Masehi dan Kalender Hijriah
Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi bumi) dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi (revolusi bulan) digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.
1. Tahun Masehi
Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi (waktu yang diperlukanBumi untuk sekali mengelilingi Matahari). Kala revolusi bumi adalah 365 14 hari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan.
2. Tahun Hijriah
Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktuvyang diperlukan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi). Kala revolusi bulan adalah 29 12 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 12 hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 .
Gerhana Bulan
Gerhana bulan merupakan suatu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, sehingga bayangan Bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan Bulan. Proses terjadinya gerhana bulan ini dimulai saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan pada satu garis yang sama. Hal ini mengakibatkan sinar Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang oleh Bumi. 

Gerhana bulan ini bisa terjadi karena pada saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan dalam posisi sejajar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada hal demikian Bumi akan menghalangi sinar Matahari yang menuju ke Bulan, sehingga permukaan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi.Proses terjadinya gerhana bulan ini lebih lama jika dibandingkan dengan Matahari, meskipun perbedaan waktunya hanya beberapa menit saja. Seperti halnya gerhana matahari, proses terjadinya gerhana bulan ini sebagai berikut. 

Dimulai ketika Bulan yang bersinar terang tibatiba tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut adalah bayangan dari Bumi.
Setelah itu lama-kelamaan Bulan yang bulat akan tertutup semakin banyak hingga Bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama Bumi akan terlihat menyabit.
Setelah Bumi menyabit, lama-kelamaan Bulan akan tampak menghilang karena tertutup oleh bayangan Bumi. Saat inilah kita tidak dapat melihat Bulan, Bulan seperti menghilang.

Setelah Bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian kita akan menyaksikan Bulan kembali muncul dari arah pertama kali Bulan menghilang. Munculnya Bulan ini dimulai dari bentuk Bulan sabit, setelah itu Bulan tersebut semakin lama akan semakin terlihat setengah, dan semakin lama akan semakin utuh sehingga tampak seperti semula. 

Terima kasih atas kunjungannya, admin tunggu kunjungan berikutnya.Jika materi yang ditampilkan oleh Admin sangat bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada guru dan teman yang lain, agar postingan kali ini lebih bermanfaat. di masa depan. Semua guru di Indonesia bisa menikmati. 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rangkuman Materi IPA Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Bumiku

Terkini

Iklan