Iklan

Iklan

kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD halaman 186 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

9/22/21, 08:47 WIB Last Updated 2021-09-25T13:52:29Z

Pendidiknesia.com Berikut ini admin akan berbagi pembahasan soal dan kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD halaman 186 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1.

Buku Tematik Tema 1 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini yang berjudul Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Dalam Pembelajaran 1 Subtema 1 ini terdapat bacaan cerita yang berjudul Peredaran Darahku Sehat

Kunci jawaban ini merupakan pedoman bagi orang tua ataupun  wali murid dalam mengoreksi hasil belajar anak.
Buku Tematik tema 4 : Peredaran Darahku Sehat

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia

  •  3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
  • 4.6 Mellsankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

PPKn
  • 12 Menghargai kewajiban hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umal beragama dalam kehidupan sehari-hari
  • 22 Menunjukkan sikap tanggung ab dalam memenuhi kewajiban dan hak sabaga warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai
  • warga masyarakat dalam kehidupan sehari hart
  • 4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 
IPA.
  • 3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
  • 4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia 
SBDP
  • 3.1 Memahami gambar cerita
  • 3.2 Memahami tangga nada.
  • 3.3 Memahami properti tari daerah. 
  • 4.1 Membuat gambar cerita.
  • 4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik. 
  • 4.3 Memperagakan penggunaan properti tari daerah.
IPS

  • 3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia 
  • 4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat 

Sistem Peredaran Darah pada Manusia

A. Komponen dalam Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah (sistem kardiovaskular) adalah sistem yang berfungsi untuk menyalurkan berbagai zat penting, seperti nutrisi dan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah manusia tersusun atas komponen-komponen yang berperan dalam pengangkutan darah dalam tubuh. Adapun komponen penyusun sistem peredaran darah pada manusia sebagai berikut.

1. Darah

Darah merupakan komponen terpenting dalam sistem peredaran darah. Darah memiliki fungsi sebagai pembawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Darah manusia terdiri dari beberapa bagian, yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Plasma darah merupakan cairan berwarna kekuningan pada darah yang berfungsi membawa zat-zat penting, seperti protein, hormon, dan faktor pembekuan darah. Adapun sel-sel darah manusia, terdiri dari sel darah merah (eritosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).

2. Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung terdapat di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan pemiliknya. Jantung tersusun atas dinding otot yang sangat tebal, disebut dengan miokardium. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.

3. Pembuluh darah 

merupakan saluran atau tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh darah terdiri atas tiga jenis, yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler. Ciri-ciri serta perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik dapat dilihat pada tabel berikut.

4. Paru-Paru

Paru-paru adalah organ pernapasan yang juga berperan penting dalam sistem peredaran darah, Paru-paru berperan menyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan seluruh tubuh, tidak lagi mengandung oksigen, tetapi justru banyak mengandung karbon dioksida setelah kembali ke jantung, darah yang telah kotor tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru, darah melepaskan karbon dioksida dan mengikat oksigen melalui proses pernapasan.

Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang (alveolus). Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara Kantong udara tersebut dinamakan "alveoli". Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Ayo Berlatih

Soal IPA (KD 3.4)

Asesmen Pengetahuan

Ayo, jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Sebutkan komponen penyusun sel darah!
  2. Apa fungsi darah bagi tubuh?
  3. Jelaskan fungsi serambi kanan dan bilik kanan pada organ jantung!
  4. Lengkapilah tabel pembuluh darah berikut!

No.Pembulu darah                                        Penjeasan                                                 
a.Arteri
b.Vena
c.Kapiler 
Jawaban  IPA (KD 3.4)
  1.  Komponen penyusun sel darah, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), keping darah (trombosit).
  2. Fungsi utama darah adalah sebagai pengangkut, yaitu mengangkut sari-sari makanan, oksigen, dan zat sisa metabolisme. Darah juga memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh, membantu proses penutupan luka (keping darah), serta membunuh bibit-bibit penyakit.
  3. Serambi kanan bertugas menampung darah kaya karbon dioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh. Adapun bilik kanan bertugas memompa darah kaya akan karbon dioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh ke paru-paru.
       4.Melengkapi Tabel
No.Pembulu darah                                                                   Penjeasan
a.ArteriPembuluh yang membawa darah kaya oksigen keluar dari jantung.
b.VenaPembuluh balik (Vena), yaitu pembuluh yang membawa darah kaya karbon dioksida keluar dari tubuh menuju jantung.
c.KapilerPembuluh darah yang sangat kecil dan berhubungan langsung dengan sel sel jaringan tubuh.

5. Sistem peredaran darah kecil:

Jantung (bilik kanan) - Arteri (paru-paru) - Paru-paru - Vena paru-paru - Jantung (serambi kiri). 

Kiranya demikian dulu perjumpaan kita. Semoga Allah Yang Maha Murah selalu membalas segala amal baik Anda yang telah rajin bekunjung ke pendidiknesia.com ini dengan Rahmat Kesembuhan, Rahmat Kesehatan dan Rahmat Segala Kebaikan. Amin Ya Rabbal Alamiin.

Alhamdulillahirabbil'alamiin.

Salam Literasi 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD halaman 186 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

Terkini

Iklan