Iklan

Iklan

kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 2 3 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

9/21/21, 20:57 WIB Last Updated 2021-09-25T13:52:29Z
Pendidiknesia.com Berikut ini admin akan berbagi pembahasan soal dan kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 2 3 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1.
Buku Tematik Tema 1 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini yang berjudul Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Dalam Pembelajaran 1 Subtema 1 ini terdapat bacaan cerita yang berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan. 

Kunci jawaban ini merupakan pedoman bagi orang tua ataupun  wali murid dalam mengoreksi hasil belajar anak.
Buku Tematik: Organ Gerak Manusia dan Hewan

Setiap makhluk hidup dibekali oleh Tuhan dengan kemampuan gerak. Gerak adalah perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian tubuh. Ada makhluk hidup yang dapat bergerak secara aktif, namun ada juga yang bergerak secara pasif. Manusia dan hewan memiliki kemampuan gerak aktif sedangkan tumbuhan memiliki pergerakkan yang pasif. Hal ini karena manusia dan hewan memiliki organ gerak yang lebih kompleks dibandingkan tumbuhan.

Manusia dan hewan bergerak menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berlari, melompat, memegang, menggali, memanjat, dan berenang.

Manusia dan hewan memiliki dua alat gerak utama, yaitu tulang dan otot. Tulang disebut alat gerak pasif sedangkan otot disebut alat gerak aktif. Tulang dan otot saling bekerja sama dalam melakukan pergerakkan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sebagai sistem gerak.

Tulang merupakan bagian dari sistem gerak yang tidak dapat bergerak sendiri tanpa digerakkannya otot. Oleh karena itu, tulang disebut sebagai alat gerak pasif. Tanpa adanya otot, tulang akan diam dan tidak bisa melakukan pergerakan sesungguhnya. Meskipun sebagai alat gerak pasif, namun tulang mempunyai peran yang penting dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot merupakan alat gerak aktif yang berfungsi melakukan gerakan organ tubuh manusia dan hewan. Otot tersusun dari serabut aktin dan miosin. Aktin dan miosin akan bergabung membentuk aktomiosin. Adanya aktomiosin inilah yang membuat otot dapat bergerak.

IPA KD 3.1
Ayo kerjakan soal-soal berikut dengan teliti
1. Apa yang dimaksud dengan gerak?
2. Sebutkan alat gerak utama pada manusia dan hewan! 
3. Sebutkan fungsi organ gerak!
4. Mengapa tulang dikatakan sebagai alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak aktif? 
5. Apa yang menyebabkan otot dapat bergerak?  
Jawaban

 Ayo Berlatih (IPA KD 3.1)

  1. Gerak adalah perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian tubuh. 
  2. Manusia dan hewan memiliki dua alat gerak utama, yaitu tulang dan otot. 
  3. Organ gerak berfungsi untuk melakukan berbagai memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. aktivitas seperti berjalan, berlari, melompat,
  4. Tulang disebut sebagai alat gerak pasif karena tidak dapat bergerak sendiri tanpa adanya pergerakan otot. Tanpa adanya otot, tulang akan diam dan tidak bisa melakukan pergerakan sesungguhnya. Sedangkan otot disebut alat gerak aktif karena mempunyai senyawa kimia, yaitu protein aktin dan miosin yang bergabung menjadi satu membentuk aktomiosin.Adanya aktomiosin inilah otot dapat bergerak. 
  5. Otot disebut alat gerak aktif karena mempunyai senyawa kimia yaitu protein aktin dan miosin yang bergabung menjadi satu membentuk aktomiosin. Dengan aktomiosin inilah otot dapat bergerak.


Kiranya demikian dulu perjumpaan kita. Semoga Allah Yang Maha Murah selalu membalas segala amal baik Anda yang telah rajin bekunjung ke pendidiknesia.com ini dengan Rahmat Kesembuhan, Rahmat Kesehatan dan Rahmat Segala Kebaikan. Amin Ya Rabbal Alamiin.

Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Salam Literasi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 2 3 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

Terkini

Iklan