Iklan

Iklan

Dampak Negatif Pembelajaran Online pada Anak

6/07/21, 23:09 WIB Last Updated 2021-06-18T13:40:32Z

 Generasi anak-anak yang paham internet ini menggunakan e-learning untuk kelas online dan pembelajaran sosial. Alat yang digunakan untuk pembelajaran online untuk anak-anak mempromosikan pembelajaran dan antarmuka satu-satu dengan guru. Ketika anak-anak membangun koneksi sosial menggunakan teknologi, itu peluang untuk pertumbuhan mental anak-anak.

Seiring dengan berdampaknya teknologi pada anak-anak, meningkatkan manfaat pembelajaran daring. Pembelajaran online untuk anak-anak bermanfaat bagi orang tua dan pendidik, dan itu membantu anak-anak terhubung dengan dunia luar. Apa efek pembelajaran daring pada anak-anak?

Karena pandemi saat ini, orang tua telah mengubah rumah mereka menjadi kelas online. Program online yang sukses membutuhkan motivasi dari anak-anak dan keterlibatan orang tua.

Dampak dari pembelajaran online untuk anak-anak adalah bahwa mereka menghabiskan jumlah waktu yang meningkat di kelas online, mereka akhirnya menggunakan perangkat mereka banyak. Ini mungkin juga membuat anak-anak menggunakan perangkat mereka untuk tujuan lain. Jadi, orang tua perlu menjaga anak-anak mereka dari kelas online.

Apa Dampak Pembelajaran Daring pada Anak Kecil?

Ada begitu banyak dampak positif dan negatif dari pembelajaran online untuk anak-anak yang harus Anda pertimbangkan. Mari kita mendapatkan detail singkat tentang hal ini.

Dampak positif dari pembelajaran online untuk anak-anak

Khasiat yang Lebih Tinggi

Pembelajaran online untuk anak-anak adalah salah satu cara paling efisien dalam mengajar siswa. Ini melibatkan banyak alat untuk PDF, video, dan podcast. Guru dapat menggunakan semua alat ini untuk memberikan pelajaran. Pembelajaran online untuk anak-anak mencakup pelajaran yang melampaui metode pengajaran buku teks tradisional.

Aksesibilitas yang Lebih Baik

Efek utamanya adalah memungkinkan siswa menghadiri kelas dari mana saja. Sekolah-sekolah mendapatkan kesempatan untuk terhubung dengan jaringan siswa yang luas. Sangat mudah untuk diarsipkan dan direkam, dan siswa juga dapat membagikannya. Efek dari Pembelajaran online untuk anak-anak adalah memberi siswa aksesibilitas yang lebih baik.

Terjangkau

Keuntungan utama dari pembelajaran online untuk anak-anak adalah bahwa biayanya lebih rendah. Dampak pembelajaran daring bagi anak adalah lebih terjangkau dan lebih efektif. Pembelajaran online mengurangi biaya makan, transportasi, dan biaya lainnya. Kursus online ini mudah tersedia secara online dan menciptakan lingkungan belajar yang terjangkau.

Peningkatan Kehadiran

Karena efek kelas online dapat dengan mudah diukur, itu menjadi lebih baik dan pencatatan kehadiran menjadi lebih mudah. Kehadiran dapat diambil dari lokasi pilihan Anda dan siswa tidak perlu melewatkan pelajaran mereka.

Cocokkan Gaya Belajar yang Beragam

Ada berbagai jenis jalur pembelajaran untuk siswa yang berbeda. Siswa dapat menjadi pelajar visual, orang lain mungkin lebih suka pembelajaran audio. Efek dari Pembelajaran online untuk anak-anak adalah membantu siswa untuk berkembang di ruang kelas online. Siswa lain bisa menjadi peserta didik solo yang memiliki efek positif dari pembelajaran daring.


Dampak Negatif Pembelajaran Online untuk Anak

Kegagalan Fokus

Tantangan besar adalah kemampuan anak-anak untuk fokus pada layar. Karena siswa terbiasa belajar di kelas alih-alih belajar online, ini menjadi alasan utama bagi anak-anak untuk terganggu oleh aplikasi dan media sosial lainnya.

Gangguan dengan Teknologi

Tantangan utama dengan pembelajaran online adalah bahwa itu tergantung pada konektivitas internet. Karena internet telah menjangkau seluruh bagian negara, masalah utama mungkin adalah konektivitas internet. Mungkin ada kurangnya koneksi yang dapat menjadi hambatan utama. Dampak ini dapat dikurangi karena beberapa keterbatasan teknologi.


Pembelajaran Terisolasi

Banyak siswa belajar sambil bersama sesama dan teman sebayanya. Tetapi selama pembelajaran online untuk anak-anak, interaksi fisik akan lebih sedikit. Ini mengarah pada lingkungan yang mengisolasi untuk anak-anak. Kurangnya komunikasi dapat mengurangi moral anak-anak dan dapat mengurangi dampak pembelajaran online.

Pelatihan Tingkat Lanjut Diperlukan

Orang tua dan guru perlu memiliki pemahaman minimal tentang dunia digital. Ini tidak mungkin dilakukan oleh semua orang, dan dengan demikian penting untuk memberikan pelatihan teknologi minimal kepada guru dan orang tua. Para guru juga membutuhkan alat dan sumber daya penting untuk melakukan pembelajaran online untuk anak-anak.

Mengelola Pencahayaan Layar

Ketika orang tua mencoba memastikan efek positif dari pembelajaran online, mereka juga khawatir tentang peningkatan bahaya kesehatan waktu layar. Waktu layar yang lebih tinggi dapat menjadi perhatian utama orang tua dalam hal pembelajaran online.

Mengapa Orang Tua Harus Memantau Aktivitas Anak mereka Secara Online?



Insiden Kecanduan

Dampak negatif utama dari pembelajaran online adalah risiko kecanduan perangkat. Orang tua perlu memantau aktivitas anak mereka untuk memastikan mereka tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dengan perangkat mereka selain belajar online.

Kasus Stres dan Kecemasan

Ada banyak kontra menggunakan teknologi di antara anak-anak. Efek negatif dari pembelajaran online dengan anak-anak adalah bahwa hal itu membuat anak-anak introvert. Ketika anak-anak terpapar interaksi minimal, mereka terkena kecemasan sosial. Dengan demikian orang tua harus memantau anak-anak untuk memastikan mereka tidak menghabiskan banyak waktu online.

Dampak pada Kesehatan Fisik

Paparan teknologi dan perangkat dapat membuat anak-anak menghabiskan banyak waktu mereka di dalam ruangan. Aktivitas fisik minimal juga memakan korban besar pada kesehatan mereka.

Mempengaruhi Penglihatan

Semua layar memiliki cahaya terang dan berbahaya yang mempengaruhi penglihatan anak-anak. Alasan utama lain mengapa orang tua harus memantau waktu yang dihabiskan oleh anak-anak secara online karena dapat menyebabkan obesitas.

Mempengaruhi Pendidikan

Efek samping utama dari pembelajaran online dan paparan perangkat adalah bahwa anak-anak menggunakan teknologi untuk tujuan lain. Ini dapat mempengaruhi pendidikan anak-anak, dan ini mungkin mempengaruhi hasil.

Paparan Kekerasan

Saat anak-anak menggunakan perangkat untuk banyak aktivitas lainnya, mereka juga menggunakan video game dan situs dan aplikasi berbahaya lainnya. Ini mungkin grafis atau kekerasan dan mungkin mempengaruhi anak-anak secara negatif. Dengan demikian, anak-anak perlu memantau aktivitas anak mereka secara online.

Insiden Agresi

Karena game online bisa melakukan kekerasan; mereka juga menimbulkan risiko agresi di antara anak-anak. Orang tua perlu membatasi paparan anak-anak muda untuk meminimalkan efek samping game online.


Bagaimana Cara Meminimalkan Efek Samping Teknologi pada Anak-anak?

Menyiapkan Batas Waktu

Meskipun orang tua ingin meminimalkan dampak teknologi, mereka mempertaruhkan kesehatan anak. Orang tua perlu memastikan batas waktu dan istirahat teratur untuk anak-anak dari waktu layar mereka.

Memastikan Aktivitas Fisik Antar Sesi

Ketika anak-anak menghabiskan waktu di layar, mereka perlu istirahat fisik. Ini membantu mereka tetap sehat dan meringankan otot-otot yang tegang. Ini memastikan fungsi tubuh yang sehat dan meminimalkan dampak teknologi pada anak-anak.

Pastikan Waktu Istirahat untuk Keluarga

Karena orang tua adalah panutan bagi anak-anak, orang tua perlu memberi contoh yang baik kepada anak-anak. Orang tua tidak boleh menggunakan ponsel terus menerus karena ini menginspirasi anak-anak. Orang tua perlu memilih beberapa waktu ketika orang dewasa harus menahan diri dari menggunakan perangkat. Ini membantu keluarga beberapa waktu untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.


Menginspirasi Anak-anak untuk Bersosialisasi

Meskipun pembelajaran online untuk anak-anak penting, mereka mungkin menjadi bergantung pada teknologi. Dengan demikian, orang tua harus mendorong anak-anak untuk terlibat dalam interaksi sosial.


Gunakan Piranti Lunak Kontrol Orangtua

Beberapa perangkat lunak dan alat unggul membantu orang tua untuk mengontrol aktivitas anak-anak di perangkat. Perangkat lunak kontrol orang tua membantu orang tua untuk memantau aktivitas anak dan memfilter konten berbahaya. Penggunaan perangkat juga dapat dibatasi dengan aplikasi ini, dan juga membantu mengunci anak-anak dari aplikasi.


Perangkat lunak pelacakan panggilan TiSPY untuk android adalah alat bermanfaat yang membantu memantau aktivitas anak-anak di ponsel dan gadget mereka. TiSPY juga membantu dalam mengelola panggilan dan memiliki banyak fitur yang melacak aktivitas online anak-anak. Ini memiliki banyak fitur, termasuk perekaman panggilan, tangkapan layar, pencegat panggilan, pelacakan lokasi, dan dasbor interaktif yang mudah dikelola. Perangkat lunak TiSPY untuk android gratis untuk pengguna android, dan membantu orang tua dalam banyak hal untuk memastikan bahwa anak-anak tetap aman.


Kata-kata Terakhir

Banyak orang tua ingin memastikan hasil terbaik dari pembelajaran online untuk anak-anak, tetapi mereka juga khawatir tentang dampak negatif dari pembelajaran online. Anak-anak harus menggunakan perangkat secara yudisy ini secara yudisy. Perangkat lunak pelacakan telepon TiSPY bermanfaat, dan memastikan bahwa orang tua dapat memantau aktivitas anak mereka. Dengan demikian, orang tua dapat meminimalkan efek negatif teknologi pada anak-anak mereka.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dampak Negatif Pembelajaran Online pada Anak

Terkini

Iklan