Iklan

Iklan

Modul Materi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan

4/28/21, 18:28 WIB Last Updated 2021-06-18T14:27:02Z

Pendidiknesia.com- Sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti kegiatan PPG Dalam Jabatan penerima yang terdiri dari berbagai guru mulai dari Guru Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar,Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan yang harus memiliki file modul daring PPG Dalam Jabatan sebagai bagian pedoman untuk dapat mempelajari berbgai materi-materi mata kuliah yang akan diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi penyelenggara sertifikasi. Modul ini terdiri dari berbagai kompetensi mulai dari Kompetensi Pedagogik dan Pendalaman Materi untuk masing-masing bidang kualifikasi akademik.


Strategi pembelajaran di era ke 21 yang terjadi perubahan taktik pengajaran yang dilakukan berbagai guru dari cara yang mungkin masih tradisional sekarang mengarah kepada pendekatan digital yang dirasamungkin yang lebih relevan dalam memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. 

Modul Materi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 

Menurut beberapa pakar hebat pendidikan Prensky mendeskripsikan guru sebagai variabel proses hasil adopsi dan pembiasaan teknologi yang bergerak, baik secara cepat ataupun lambat. Ada empat fase proses adopsi dan pembiasaan guru dalam proses pemebelajaran di era 21 diantaranya: 

(1) berkecimpung (dabbling), 

(2) melaksanakan hal-hal lama dengan cara-cara usang (old things in old ways), 

(3) melaksanakan hal-hal lama dengan cara-cara gres (old things in new ways) dan 

(4) melaksanakan hal-hal gres dengan cara-cara gres (doing new things in new ways)


pada proses pemebelajaran di era 21 dimulai berkecimpung akan teknologi yaitu dengan cara salah satunya menambahkan teknologi ke beberapa situasi berguru secara acak. Teknologi yang dipakai untuk melaksanakan hal-hal usang dengan cara lama menyerupai pada saat guru menampilkan berbagai catatan berguru di PowerPoint dari pada memakai OHP (tranparancy overhead). Melakukan hal-hal lama dengan cara gres dimana teknologi mulai dapat digunakan, menyerupai saat guru memakai model 3D Virtual untuk mendemonstrasikan berbagai struktur sebuah senyawa.

Teknologi dimungkinkan setiap individu dapat memperoleh  informasi (real-time data), mempersembahkan suatu simulasi wacana dengan suatu objek sebagaimana adanya (real world), dan mendapat peluang untuk dapat terkoneksi dengan banyak sekali objek berguru sesuai minat masing-masing. Teknologi juga sanggup menolong dalam berbagai asesmen perkembangan performansi siswa, serta juga dapat memfasilitasi proses komunikasi dan kolaborasi.

pada rancangan pembelajaran di era ke 21 ini diharapkan sanggup disusun oleh semua guru untuk memumbuhkan potensi siswa melalui kegiatan memanfaatkan teknologi berbasis komputer dan media online. Guru juga sanggup membuatkan potensi siswa melalui berbagai tugas-tugas yang sanggup dikerjakan untuk memakai teknologi yang berbasis komputer dan sanggup memanfaatkan sebuah media online sebagai alat untuk menemukan sumber belajar.

Kreativitas dan juga penemuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang akan memungkinkan dapat memanfaatkan secara optimal suatu  teknologi berbasis komputer dan juga media berbasis online guna tercapainya tujuan pembelajaran.

File Modul PPG Dalam Jabatan adalah bahan ajar bagi Guru yang akan mengikuti diklat PPG Dalam jabatan yang dilaksanakan secara daring. Nah, pada kesempatan yang berbagia ini admin akan membagikan File Modul PPG daring Daring secara lengkap  :

FILE MODUL PPG DALJAB PEDAGOGIK

 

FILE MODUL PPG DALJAB ( PROFESIONAL)

  • File Modul B. Indonesia KB 1  (Download)
  • File Modul B. Indonesia KB 2 (Download)
  • File Modul B. Indonesia KB 3 (Download)
  • File Modul B. Indonesia KB 4 (Download)

  • File Modul Matematika KB 1 (Download





Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada orang lain Anda melalui tombol media sosial di bawah ini. Dan apabila terdapat link download yang rusak, mati, error, atau  lainnya, tolong beritahu admin melalui kolom komentar/bisa juga mellalui wa, telegram pojok kanan atas agar dapat segera admin perbaiki.

Terima kasih atas kunjungannya, admin tunggu kunjungan berikutnya.Jika materi yang ditampilkan oleh Admin sangat bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada guru dan teman yang lain, agar postingan kali ini lebih bermanfaat. di masa depan. Semua guru di Indonesia bisa menikmati.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modul Materi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan

Terkini

Iklan