Iklan

Iklan

Download Modul Penguatan Integritas PPG 2021 Kegiatan Belajar

4/28/21, 18:35 WIB Last Updated 2021-06-18T14:27:40Z
Pendidiknesia.com-Guru adalah pendidik profesional yang mengajar, mendidik,  membimbing,  melatih, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Tugas guru mungkin tidak hanya menyampaikan berbagai materi di dalam kelas, tetapi tugas guru adalah memberikan ruang yang luas kepada para peserta didik untuk bisa memanfaatkan sumber daya yang ada disekitarnya.


Guru juga harus mempunyai integritas yang tinggi. Baik guru kelas, guru guru konselor, mata pelajaran, tenaga kependidikan dan warga sekolahpun juga harus mempunyai integritas. Kompetensi dasar sebagai guru berintegritas yang terdiri dari 4 kompetensi yaitu kompetensi pribadi, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.  Keempat kompetensi tersebut dapat diurai menjadi integritas.

Salah satu dari pembentuk kepribadian bangsa adalah karakternya. Adapun beberapa keterkaitan karakter, integritas dan jati diri sangat erat. Jati diri itu akan tampak pada diri seseorang. Pada diri seseorang tersebut bisa menjadikan pondasi cara untuk berpikir, cara untuk bersikap dan bertingkah laku. Inilah yang disebut dengan karakter. Karakter bukan hanya bawaan dari lahir akan tetapi terbentuk dari jati diri serta dan dirangsang oleh lingkunganya. Sudah banyak sekali yang teridentifikasi karakter. Tapi karakter inti meliputi tanggung jawab, jujur, peduli, dan disiplin. Hal ini yang dapat disebut nilai karakter pembentuk integritas.

Adapun manfaat hidup berintegritas salah satunya adalah jujur. Orang yang bisa berperilaku jujur dalam kehidupannya. Seseorang yang dapat berperilaku jujur dalam hidupnya dan merasakan ketentraman jiwa, kebahagiaan kedamaian, tidak manipulatif , percaya diri, kebersihan hati dan tidak berpura-pura. Manfaat yang kedua yaitu karakter tanggung jawab. Menerima segala konsekuensi, dan komitmen itu merupakan dari sebuah tanggung jawab. Pribadi yang bisa bertanggung jawab biasanya akan sangat hati-hati dalam perbuatan dan perkataan. Manfaat yang ketiga adalah karakter disiplin. Perilaku yang disiplin merupakan perilaku konsisten, berkomitmen, tertib, menepati janji, dan taat aturan. Pribadi berdisiplin akan disegani, dihargai, dihormati, dan diteladani, serta yang utama yaitu bernilai ibadah. 

Download Modul Penguatan Integritas PPG 2021 Kegiatan Belajar

pendidiknesia akan membagi filr modul integritas yang didapatkan dari pendidikan profesi guru PPG. Modul integritas ini mungkin sangat berguna bagi para peserta pendidikan profesi guru PPG tahun ini. Sebagai gambaran untuk materi yang bisa di download secara gratis, download soal-soal UP, pengayaan UP, instrumen UKIN, silakan di download di halaman pendidiknesia sehingga dapat untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum dimulainya diklat Pendidikan Profesi Guru.

  • File Download Modul Penguatan Integritas PPG 2021 Kegiatan Belajar 1( Download )
  • File Download Modul Penguatan Integritas PPG 2021 Kegiatan Belajar 2( Download )
  • File Download Modul Penguatan Integritas PPG 2021 Kegiatan Belajar 3( Download )
  • File Download Modul Penguatan Integritas PPG 2021 Kegiatan Belajar 4( Download )

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada orang lain Anda melalui tombol media sosial di bawah ini. Dan apabila terdapat link download yang rusak, mati, error, atau  lainnya, tolong beritahu admin melalui kolom komentar/bisa juga mellalui wa, telegram pojok kanan atas agar dapat segera admin perbaiki.

Terima kasih atas kunjungannya, admin tunggu kunjungan berikutnya.Jika materi yang ditampilkan oleh Admin sangat bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada guru dan teman yang lain, agar postingan kali ini lebih bermanfaat. di masa depan. Semua guru di Indonesia bisa menikmati.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Download Modul Penguatan Integritas PPG 2021 Kegiatan Belajar

Terkini

Iklan