Iklan

Iklan

Dampak dari program Merdeka Belajar

3/04/21, 11:12 WIB Last Updated 2021-03-19T14:51:15Z

Merdeka Belajar



Apa artinya Merdeka belajar untuk siswa

            Mungkin sudah banyak yang tau yah apa itu merdeka belajar Juli 2020 sistem ujian sekolah dan Ujian Nasional akan berubah ini merupakan bagian dari program Merdeka belajar yang ditetapkan oleh pak menteri nadiem Makarim nah penting buat kamu ketahui 


            Apa saja dampak program ini buat kamu pertanyaan pertama kamu mungkin program Merdeka belajar dari namanya dapat ditebak nih tujuan Programnya apa iya bener Biar belajar kamu jadi merdeka atau bebas bebas dari apa salah satu tujuannya program ini adalah membebaskan belajar kamu dari sistem kejar target nilai supaya kamu belajar bukan belajar supaya kamu lulus atau rankingnya tinggi tenang dong kalau beneran belajarnya bisa jadi enjoy enggak usah dipaksa dan stress nilai caranya gimana tuh supaya bisa berubah

 5 dampak dari program Merdeka 

belajar ke kamu 

  1. Ujian nasional ditiadakan sebagai gantinya ada yang namanya asesmen kompetensi minimum kalau sebelumnya kamu diuji dalam mapel bahasa Indonesia matematika dan lainnya sekarang yang diuji adalah kemampuan literasi dan numerasi ini nggak persis sama dengan mapel bahasa Indonesia dan Matematika loh karena bisa jadi ada materi IPA atau IPS di dalamnya juga fokusnya untuk menguji kemampuan memahami dan menganalisa bacaan dan juga menerapkan konsep berhitung dalam kehidupan sehari-hari tenang aja Ini bukan ujian naik kelas atau naik tingkat dan cuma untuk kelas 4 8 dan juga 11 
  2. Selain asesmen kompetensi minimum akan ada survei karakter juga ini bukan tes tapi sejumlah pertanyaan untuk mencari tahu apakah kamu sudah menerapkan asas asas Pancasila dalam hidupmu tensinya kedua hal ini akan digunakan untuk membantu Kementerian Menentukan kebijakan pendidikan di masa depan 
  3. Usbn diserahkan jadi keputusan sekolah artinya sekolahmu dibebaskan untuk mengikuti kurikulum sesuai kebijakan sendiri jadi nilaimu nggak melulu dari tes tertulis seperti sebelumnya tapi juga bisa diambil dari tugas pribadi atau kelompok tugasnya bisa berupa karya tulis portofolio dan lainnya 
  4. Belajarmu jadi ada yang diluar kelas bukan cuma di dalam kelas seperti sebelumnya diharapkan kamu bisa diskusi dengan guru outing class dan belajar banyak hal-hal lainnya seperti berani bertanya Mandiri dan cerdik dalam bergaul
  5. Sistem zonasi penerimaan murid baru akan berubah sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing nah udah tahu ya perubahan apa saja yang dapat kamu temui mulai dari tahun ajaran 2020-2021 

Demikian semoga dapat bermanfaat menambah ilmu baru buat kalian semuanya 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dampak dari program Merdeka Belajar

Terkini

Iklan