Iklan

Iklan

G-Suite For Education: Media Tetap PJJ Daring

2/28/21, 22:45 WIB Last Updated 2021-03-19T14:51:15Z

G-Suite For Education:  Media Tetap PJJ Daring


            Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung I dan memanfaatkan Internet sebagai medianya. beberapa aplikasi dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran dating mula dari aplikasi untuk video. conference chat untuk group online, video online, serta pemberian tugas dan evaluasi pembelajaran secara online


                Banyak manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran daring Inf Kita dapat secara bebas bertemu dan belajar tanpa terbata ruang dan waktu siswa dan guru yang dulu harus melakukan kegiatan belajar me dapat melakukannya dimana alat di sekolah, sekarang dan kapanpun. Pemilihan media Y tuhan pembelajaran daring. Dengan NEmu tepat sangat dibutuhkan guna memfasilitasi menggunakan V seksual, maka pelaksanaan media yang sexual pembelajaran daring dapat dilaksanakan secara maskimal sehingga tujuan pembelajaran tercapal Layanan G suite yang ditawarkan oleh google dirasa solusi yang tepat untuk permasalahan pare ant metode daring para guru selama pembelajaran W


            Dilansir dari nusa.id, G Suite for Education adalah paket layanan berbasis eloud yang dapat memungkinan kita untuk mengerjakan apapun dan dimanapun. Dengan G Suite for education, guru dapat menciptakan kesempatan belajar, menyederhanakan tugas a administratif, dan menantang siswa untuk berpikir secara kritis, kreatif dan kolaboratif, G suite Juga memberikan solusi bagi pembelajaran daring yang ideal n melalui aplikasi ini kita dapat melakukan video conferences dan kolaborasi dokumen dalam waktu bersamaan Layanan ini sepenuhnya berbasis online sehigga kita tidak perlu memikirkan kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat kita.


Mengajar Jarak Jauh

            Meskipun pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode daring, tidak menutup kemungkinan guru dapat melakukan pengajaran dengan siswa secara tatap muka online. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk dapat melakukan melakukan pengajaran jarak jauh yang ideal.


Pertama, Siapkan ruang untuk video call Kita harus mencari dan menetapkan satu ruangan tertentu dengan spot sinyal Internet terkuat, latar belakang yang bagus, dan pencahayaan yang sesual Tentunya ruangan Ini juga wwwbas dari kebisingan aktivitas di sekitar mengganggu proses belajar online. karena dapat mengganggu proses belajar online Kedua, mulai video call dengan siswa Google meet dari G-sulte dapat menjadi pilihan guna keberhasilan pengajaran ini Dengan google meet, kita dapat membuat video call dengan beberapa siswa. Aplikasi ini akan menghubungkan guru dengan siswa secara virtual dimanapun Disamping itu, penggunaan bandwitch yang benar juga menjadi kelebihan dari aplikasi ini.


Kelas maya

            Kita dapat menggunakan fitur google classroom dari G sulte untuk membuat kelas maya kita. Ajak siswa untuk bergabung ke kelasmu dengan menggunakan kode khusus yang dibagikan melalui chat online (WA, line, dan ebagainya). Setelah semua siswa bergabung, maka pembelajaran maya sudah siap dilakukan


            Melalu aplikasi google classroom, pembelajaran maya akan terasa pembelajaran tatap muka biasa. Guru dapat menyampaikan materi pelajaran dengan slide presentasi dari google slide ataupun dengan video. Pemberian tugas, saling mengirimkan pertanyaan dan masukan, dan kegiatan diskusi dengan siswa Juga dapat dllakukan melalui aplikasi ini selama mengajar dari rumah


            Melalui google classroom, guru juga dapat membuat kuis dalam bentuk pilihan ganda sebagai evaluasi pembelajaran akhir siswa. Untuk melakukannya, diperlukan aplikasi pendukung berupa google form dari G suite, Kuis secara online dapat dibuat dengan mudah melalui aplikasi Ini. Disamping itu, guru tidak perlu lagi kerepotan untuk mengoreksi jawaban siswa karena nilai siswa secara otomatis akan tertampil melalui aplikasi ini.


Mengajak keterlibatan siswa

            Pertama, ajak siswa diskusi melalui google classroom. Guru dapat memposting pertanyaan di bagian forum google classroom, dan meminta siswa untuk memberikan komentar dan sanggahan atas pertanyaan yang diajukan. Disini akan terlihat adanya diskusi di dunia maya. Guru sebagai fasilitator yang meluruskan konsep siswa yang kurang tepat dan memberikan informasi tambahan atas jawaban siswa yang sudah sesuai.


            Kedua, atur janji temu pribadi. Buat slot janji temu pribadi di google kalender dan ijinkan siswa untuk mengadakan pertemuan dengan kita baik secara pribadi ataupun dalam grup kecil melalui google meet. Ketiga, manfaatkan papan tulis virtual. Demontrasikan konsep materi dengan Jamboard dan bagikan melalui google meet. Ajak siswa untuk berkolaborasi menjawab pertanyaan, membuat peta pikiran dan lainnya.


            Ketiga, akses lewat google chrome. Arahkan siswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar melalui google chrome. Cukup mengetikkan kata kunci pertanyaan di mesin pencari chrome, maka akan muncul daftar jawaban sesuai dengan pertanyaan siswa, Selanjutnya siswa dapat memilih dan mengakses artikel yang memuat jawaban yang sesuai dengan pertanyaan siswa.


Berbagi dengan guru lain


            Pertama, berbagi materi pembelajaran secara online. Materi ajar yang kita buat dapat kita simpan dan bagikan melalui Google Drive. Penyimpanan data di Google drive tidak akan mengurangi ruang penyimpanan anda karena semua tersimpan secara online. Kedua, berkomunikasi dengan pesan instan. Gunakan hangout chats untuk tetap terhubung dengan teman sesama guru. Kita dapat membuat group chat di aplikasi ini agar dapat secara leluasa berkomunikasi dalam grup kecil.


            Fitur-fitur bawaan dari G-suite akan sangat berguna selama pembelajaran daring Jika kita sebagai guru dapat menggunakan nya secara maksimal. Pembelajaran di kelas mayapun tidak akan jauh berbeda dengan pembelajaran di kelas konvensional. Siswa masih dapat berdiskusi, berkreasi, dan menyampaikan pendapatnya meskipun melalui dunia maya. Disamping itu, siswa, guru, orang tua, dan tenaga pendidik lain masih dapat terhubung satu sama lain meskipun tanpa bertatap muka. Pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat tercapal jika pemilihan media selama metode daring sudah sesual dengan kebutuhan pembelajaran yang telah direncanakan


Sumber

Noralla Purwa Yunita

Guru SMP N 8 Semarang


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • G-Suite For Education: Media Tetap PJJ Daring

Terkini

Iklan