Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Berbagai makhluk hidup yangg terdapat di Indonesia sangat beragam. Kekayaan makhluk hidup yangg dimiliki Indonesia baik flora dan fauna sangatlah beragam. Wilayah Indonesia merupakan negara yangg luas dan kaya akan berbagai keanekaragaman baik itu di darat, laut maupun udara. Keanekaragaman di Indonesia mendorong para peneliti dan pecinta alam dunia untuk datang ke Indonesia guna meneliti flora dan fauna yangg ada di negara kita ini.

Persebaran Flora dan Fauna di IndonesiaFlora dan fauna Indonesia dikelompokan menjadi 3 daerah, antara lain : daerah asia (asiatis), daerah peralihan, serta daerah yangg mendapatkan pengaruh dari benua Australia (australis). Terdapat sebuah garis yaitu garis Wallace yangg dibatasi Asiatis dengan peralihan, sedangkan garis weber membatasi antara peralihan dengan australis. Berikut persebaran flora dan fauna di Indonesia.

Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran Flora di Indonesia

Tumbuhan yangg hidup pada suatu tempat ada yangg dapat tumbuh secara alami dan juga yangg dibudidayakan manusia. Flora di berbagai tempat di dunia berbeda-beda, hal tersebut karena dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain :
1. Iklim
2. Jenis tanah daerah tersebut
3. Tinggi rendahnya permukaan bumi
4. Biotik atau pengaruh makhluk hidup
Karena adanya faktor-faktor tersebut, Indonesia mempunyai banyak flora yangg beranekaragam. Iklim pada suatu daerah mempunyai pengaruh yangg besar terlebih pada suhu udara dan curah hujan. Daerah yangg mempunyai curah hujan yangg tinggi memiliki hutan yangg lebat serta mempunyai berbagai jenis tanaman yangg bervariasi, misalnya: di Sumatera dan Kalimantan.

Sedangkan daerah yangg memiliki curah hujan yangg relatif kurang cenderung tidak mempunyai hutan yangg lebat, seperti di Nusa Tenggara. Daerah yangg memiliki curah hujan yangg kurang banyak di tumbuhi oleh semak belukar dengan hamparan padang rumput yangg luas.

Suhu udara memiliki pengaruh yangg cukup berpengaruh terhadap suatu jeni tanaman yangg hidup di suatu tempat. Junghuhn telah membuat zonasi atau pembatasan wilayah flora di Indonesia, antara lain :

Daerah panas (0 – 650 meter), tumbuhan yangg dapat hidup di daerah ini adalah jagung, karet kelapa, padi, tebu.

Daerah sedang ( 650 – 1500 meter), tumbuhan yangg dapat hidup di daerah ini adalah teh, sayuran kopi, dan tembakau .

Daerah sejuk ( 1500 – 2500 meter), tumbuhan yangg dapat hidup di daerah ini adalah teh, kina, pinus, dan sayuran,.

Daerah dingin (di atas 2500 meter), cenderung mempunyai tanaman yangg tidak dapat dibudidayakan.
Jenis flora di Indonesia juga dipengaruhi oleh iklim, antara lain :

  1. Hutan Musim
  2. Hutan Musim

    Hutan musim terdapat di Indonesia yangg mempunyai suhu udara yangg tinggi serta memiliki perbedaan pada saat kondisi tumbuhan di musim hujan dengan musim kemarau. Pada musim kemarau pohonnya meranggas, pada musim hujan akan tumbuh menjadi hijau kembalii. Contoh dari hutan musim antara lain hutan jati dan kapuk randu. Hutan musim banyak terdapat di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  3. Hutan Hujan Tropis
  4. Hutan Hujan Tropis

    Hutan hujan tropis terdapat di daerah yangg mempunyai curah hujan yangg tinggi. Indonesia memilik iklim tropis dan juga dilalui oleh garis khatulistiwa, hal ini membuat Indonesia mempunyai banyak sinar matahari sepanjang tahun, curah hujan yangg tinggi, serta memiliki temperatur udara tinggi. Di Indonesia banyak hutan hujan tropis yangg terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi serta Papua.

  5. Sabana
  6. Sabana

    Sabana dapat hidup di daerah yangg mempunyai curah hujan yangg sedikit. Sabana ialah padang rumput yangg diselingi oleh berbagai pepohonan yangg bergerombol. Sabana banyak terdapat di NTB dan NTT.

  7. Stepa
  8. Stepa

    Stepa ialah padang rumput yangg luas. Stepa dapat hidup di daerah yangg mempunyai curah hujan yangg sangat sedikit. Stepa banyak terdapat di NTT.

  9. Hutan Bakau (Mangrove)
  10. Hutan Bakau (Mangrove)

    Hutan bakau ialah hutan yangg hanya dapat tumbuh di pantai yangg berlumpur. Hutan bakau atau mangrove banyak terdapat di pantai Sumatera bagian timur, Papua, Kalimantan Barat, serta Kalimantan Selatan.

Indonesia mempunyai tanah yangg subur sehingga banyak terdapat berbagai jenis tanaman mampu tumbuh dengan baik. Indonesia memiliki flora yangg kurang lebih sekitar 4.000 jenis pohon, 1.500 jenis paku pakuan, serta 5.000 jenis anggrek.

  1. Flora Indonesia Bagian Barat

  2. Flora Indonesia Bagian Barat

    Flora Indonesia barat yaitu flora yangg tumbuh di Sumatra, Jawa, Kalimatan, serta pulau-pulau kecil yangg terdapat di sekitarnya. Flora Indonesia barat mempunyai kesamaan dengan tumbuhan-tumbuhan yangg terdapat di Asia. Flora Indonesia barat mempunyai kawasan mangrove yangg banyak di sekitar pantai. Mempunyai jenis tumbuhan yangg sangat beragam atau heterogen. Pada setiap tahun hutannya selalu hijau. Kayu di dalam hutannya dapat bermanfaat dan banyak tumbuhan di hutan yangg mempunyai ketinggian 60 meter.

    Sumatera : pinus, kayu manis, beringin, kamper, meranti, kayu besi, dan raflesia
    Jawa : pinang, bunga anggrek,jati meranti, mahoni, beringin, dan bugenvil
    Kalimantan : meranti, besi, jelutung, bakau, ramin, kamper, pinus, dan rotan

    Ciri-Ciri Flora Indonesia Bagian Barat
    Terdapat banyak tumbuhan jenis meranti-merantian
    Terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan rotan
    Tidak mempunyai hutan kayu putih
    Mempunyai jenis tumbuhan sagu yangg sedikit

    Pohon Pinang
    Pohon Pinus
    Pohon Mahoni
    Pohon Beringin
  3. Flora Indonesia Bagian Tengah

  4. Flora Indonesia Bagian Tengah

    Flora Indonesia tengah yaitu tumbuhan yangg tumbuh di Sulawesi, Nusa Tenggara, serta Maluku. Nusa Tenggara mempunyai padang rumput yangg alami dan baik untuk daerah peternakan. Hal ini karena di Nusa Tenggara memiliki curah hujan yangg rendah. Sehingga kalau di Nusa Tenggara pada musim saat kemarau banyak menjumpai di daerah tersebut yangg mengalami kekeringan. Selain itu, disana juga banyak pegunungan kapur.

    Sulawesi : eboni, kayu besi, rotan, pinus, kayu hitam, dan berbagai jenis bunga anggrek
    Nusa Tenggara : jati, akasia, cendana, sandelwood, dan berbagai jenis bunga anggrek
    Maluku : gotasa, kayu besi, lenggua, jati, sagu, meranti, kayu putih, dan anggrek

    Ciri-Ciri Flora Indonesia Bagian Tengah
    Terdapat banyak macam tumbuhan palem
    Terdapat banyak tumbuhan paku dan anggrek

    Pohon Kayu Putih
    Pohon Akasia
    Pohon Eboni
  5. Flora Indonesia Bagian Timur

  6. Flora Indonesia Bagian Timur

    Flora Indonesia timur yaitu tumbuhan yangg hidup di pulau Papua serta pulau-pulau yangg terdapat di sekitarnya. Tanaman yangg dapat dijumpai di Papua adalah tanaman jenis conifera seperti agatis alba serta obi.
    Flora di wilayah Indonesia timur mempunyai kemiripan dengan flora yangg ada di benua Australia. Memiliki ketinggian pohonnya yangg lebih rendah dibandingkan di flora Indonesia bagian barat. Terdapat Banyak tumbuhan semak belukar, dan pepohonan yangg masih jarang. Di daerah dataran rendah Papua terdapat pohon sagu, bakau, dan nipah.

    Ciri-Ciri Flora Indonesia Bagian Timur
    Mempunyai jenis tumbuhan meranti-merantian yangg sedikit
    Terdapat hutan kayu putih
    Tidak mempunyai tumbuhan rotan
    Mempunyai banyak tumbuhan sagu

    Pohon Sagu
    Tumbuhan Nipah

Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna di Indonesia

Keanekaragaman fauna di Indonesia dipengaruhi oleh keadaan alam, rintangan alam, serta gerakan hewan. Fauna di Indonesia digolongkan menjadi 3 kelompok.

  1. Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe Asiatis)

  2. Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe Asiatis)

    Fauna Indonesia Barat atau tipe asiatis mempunyai wilayah persebaran yangg mencakup Sumatra, Jawa, Bali, dan juga Kalimantan. Fauna Indonesia barat terdapat mamalia yangg berukuran besar seperti gajah, macan, babi hutan, orang utan, badak bercula satu, banteng, tapir, kerbau, rusa, monyet, bekantan, dan sebagainya.
    Tipe asiatis juga banyak terdapat jenis-jenis reptil seperti ular, bunglon, kura-kura, buaya, tokek, kadal, biawak, dan trenggiling. Fauna Indonesia barat mempunyai macam-macam jenis seperti burung hantu, elang, merak, kutilang, gagak, jalak, dan berbagai macam jenis unggas. Terdapat banyak ikan air tawar.

    Ciri-Ciri Fauna Indonesia Bagian Barat
    Memiliki spesies mamalia yangg berukuran besar, seperti gajah, harimau, dan sebagainya. Namun, jumlah mamalia berkantung sedikit, atau hampir tidak ada.
    Terdapat berbagai jenis kera, seperti bekantan, tarsius, serta orang utan.
    Terdapat banyak hewan endemik, seperti badak bercula satu, binturong, monyet, tarsius, dan kukang.
    Terdapat jenis burung yangg mempunyai warna bulu kurang menarik, tetapi dapat berkicau. Seperti : jalak bali, elang jawa, elang putih, dan sebagainya.
    Mempunyai banyak ikan air tawar.

    Trenggiling
    Elang
    Biawak
    Badak Bercula Satu
  3. Fauna Indonesia Bagian Tengah (Tipe Peralihan)

  4. Fauna Indonesia Bagian Tengah (Tipe Peralihan)

    Fauna Indonesia Tengah merupakan tipe peralihan. Fauna Indonesia Tengah mencakup Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, serta pulau-pulau disekitarnya. Fauna Indonesia tengah antara lain babi rusa, kuskus, monyet hitam, tarsius, sapi, kuda, sapi, anoa, ikan duyung, monyet saba, beruang, dan banteng.
    Terdapat juga berbagai jenis reptil, amfibi, dan berbagai macam burung. Reptil di fauna Indonesia tengah antara lain biawak, komodo, buaya, dan ular. Berbagai macam jenis burung yangg ada di wiliyah ini antara lain burung maleo, burung dewata, rangkong, kakatua nuri, mandar, dan raja udang.

    Ciri-Ciri Fauna Indonesia Bagian Tengah
    Banyak terdapat hewan asli Indonesia.
    Memiliki kemiripan dengan fauna tipe asiatis dan australis.
    Terdapat berbagai jenis hewan langka.
    Faunanya sebagai sisa dari hewan purba yangg masih mampu untuk bertahan.

    Komodo
    Burung Rangkong
    Burung Maleo
  5. Fauna Indonesia Bagian Timur (Tipe Australis)

  6. Fauna Indonesia Bagian Timur (Tipe Australis)

    Fauna Indonesia timur atau disebut tipe australis tersebar yangg mencakup wilayah Papua, Halmahera, serta Kepulauan Aru. Mamalia di fauna Indonesia timur antara lain kanguru, beruang, walabi, landak irian atau nokdiak, kuskus, pemanjat berkantung, kanguru pohon, dan kelelawar. Namun, tidak ditemukan kera.
    Terdapat juga berbagai jenis reptil, antara lain : biawak, buaya, ular, serta kadal. Berbagai jenis burung juga banyak ditemui di wilayah Indonesia timur antara lain burung cenderawasih, nuri, raja udang, kasuari, serta namudur. Namun, di wiliayah Fauna Indonesia timur memiliki jenis ikan air tawar yangg relatif sedikit.

    Ciri-Ciri Fauna Indonesia Bagian Timur
    Banyak binatang yangg berkantung.
    Mempunyai berbagai jenis burung yangg memiliki bulu warna-warni.
    Ikan air tawar jumlahnya sedikit.
    Tipe ikan laut kebanyakan memiliki bentuk yangg bulat panjang.

    Kanguru Pohon
    Kasuari
    Nokdiak
    Burung Cenderawasih

Itulah persebaran flora dan fauna di Indonesia, persebaran flora di Indonesia, dan persebaran fauna di Indonesia.

About admin

Check Also

Pengertian Informasi, Contoh, Fungsi, dan Jenis-Jenis, Lengkap!

Pengertian Informasi Pengertian informasi adalah sekumpulan fakta atau data yangg telah diproses dan dikelola sedemikian …