Pengertian Flora dan Fauna Lengkap!

Pengertian Flora dan Fauna

Flora dan Fauna dapat disebut sebagai tanaman dan satwa. Flora dan Fauna merupakan suatu istilah kolektif, dimana kata tersebut merujuk kepada kelompok suatu tanaman dan satwa yangg berada pada wilayah tertentu. Perlu diketahui bahwa Indonesia mempunyai jumlah flora dan fauna yangg beragam.
Namun, banyak juga yangg sudah mulai langka. Hal ini karena salah satunya faktornya disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri seperti membuka lahan untuk pertanian. Alangkah baiknya kita untuk mulai melestarikan alam Indonesia yangg sangat beragam ini. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian flora dan pengertian fauna.

Pengertian Flora dan Fauna

Pengertian Flora

Pengertian Flora

Kata flora berasal dari bahasa latin yaita nama dewi pelindung bunga serta taman dan dewi kesuburan dalam Mitologi Romawi. Flora sendiri dapat diartikan sebagai sekelompok tanaman. Sedangkan arti dari flora endemik ialah berbagai jenis tumbhan yangg hidup pada wilayah tertentu. Contohnya : flora jawa, lora endemik kalimantan, dan sebagainya. Contoh flora endemik sumatera adalah raflesia arnoldi atau bunga bangkai. Flora endemik jawa adalah tanaman melati, serta flora endemik papua ialah tanaman buah merah. Biasanya dalam pemakaian katanya selalu di beri dengan tambahan nama geografis daerah tersebut, seperti nabatah eropa, nabatah amerika, nabatah asia, dan sebagainya.

Klasifikasi Flora

Pengelompokan berbagai jenis tumbuhan ke dalam flora didasarkan pada wilayah, iklim, perioda, atau lingkungan tertentu. Wilayah-wilayah atau daerah yangg berbeda secara geografis, misalnya pada pegunungan yangg dibandingkan dengan daerah dataran, biasa memiliki jenis flora yangg berbeda. Flora juga dapat merujuk pada perioda tertentu misalnya flora fosil. Flora yangg lain yangg didefinisikan dengan berdasarkan lingkungan, keadaan atau mempunyai sifat yangg khusus. Misalnya :

  • Flora asli yaitu dafat berbagai jenis tumbuhan asli, yangg hidup pada wilayah tertentu.
  • Flora tanaman (pertanian dan hortikultura) yaitu mencakup berbagai jenis tumbuhan yangg ditanam atau dibudidayakan oleh manusia.
  • Flora gulma ialah daftar berbagai macam jenis-jenis tumbuhan yangg keberadaanya tidak diinginkan untuk tumbuh di lahan pertanian atau tempat lainnya, yangg disusun serta dipelajari yangg berkaitan dengan usaha dalam memberantas atau mengendalikan tumbuhan tersebut.
Buah Merah (Flora Endemik Papua)
Rafflesia Arnoldii (Flora Endemik Sumatera)
Melati (Flora Endemik Jawa)

Pengertian Fauna

Pengertian Fauna

Kata fauna berasal dari bahasa latin yangg mempunyai arti sebagai sebagai alam hewan. Dalam mitologi Romawi, kata fauna dapat diartikan sebagai kakak dari faunus, yangg artinya sebagai roh yangg baik hutan serta daratan. Pengertian fauna endemik ialah seluruh jenis hewan yangg hidup di wilayah tertentu. Contoh fauna endemik adalah burung cenderawasih yangg asli dari Papua. Fauna asli jawa ialah badak bercula satu. Sedangkan fauna endemik sumatera yaitu harimau sumatra. Sama halnya dengan flora, fauna juga mempunyai imbuhan nama geografis dalam penggunaannya, seperti fauna australia, fauna asia, dan sebagainya.

Harimau Sumatera (Fauna Endemik Sumatera)
Burung Cenderawasih (Fauna Endemik Papua)
Badak Bercula Satu (Fauna Endemik Jawa)

Itulah pengertian flora dan pengertian fauna. Baca juga artikel mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia agar dapat menambah pengetahuan Anda tentang flora dan fauna.

About admin

Check Also

Pengertian Informasi, Contoh, Fungsi, dan Jenis-Jenis, Lengkap!

Pengertian Informasi Pengertian informasi adalah sekumpulan fakta atau data yangg telah diproses dan dikelola sedemikian …